Al-Qur`an

Monday, March 02, 2009

Presisi

Kebanyakan orang mempunyai presisi yang mencengangkan dalam hal yang sering digelutinya...
Ketika telah menjadi ahli maka suatu hal menjadi sangat mudah dikerjakan dan membuat terkagum-kagum orang yang melihatnya dari sekitar, walau mungkin orang tersebut tidak menyadarinya..
Contoh sederhana pada supir..memiliki presisi yang mengagumkan dalam hal me-rem(atau mengerem) kendaraannya apalagi kendaraan besar semacam bus..
Dalam posisi sekian centimeter dari kendaraan yang ada di depannya, dengan gaya yang santai tidak terlalu serius kondisi bus yang dikendarai berhenti persis tepat, dengan presisi sekian centimeter..Hebat..
Tetapi kelihatan bagi penumpang hal itu so simple dilakukan.
Mungkin apabila diadakan perhitungan rumus ketepatannya luar biasa sekali.
Master..tapi orang ini bukanlah pembalap yang dielu-elukan orang karena keahliannya..tapi hanya sebagai supir biasa yang menurut orang mungkin keahlian tersebut juga biasa saja..
Ada lagi keuletan seorang tukang kayu dengan goresan uliran memakai alat, bisa membuat presisi yang mengagumkan sekian centimeter untuk menghasilkan karya yang indah berupa lukisan alam dalam bentuk pahatan.
Kemiringan dengan sudut sekian derajat, kedalaman pahatan, ketepatan bentuk yang dihasilkan sehingga dapat semirip mungkin dengan aslinya. Luar biasa..Master
Tapi menurut orang juga mungkin karya ini hanyalah karya biasa yang dihargai dengan sekian rupiah..untuk sebuah aksesoris perlengkapan rumah.
Mereka bukanlah seniman yang mengadakan pameran dengan harga karya yang diamati oleh pengamat seni dan kemudian ditaksir dengan harga sekian "rupiah" yang diskrepansi 0-nya jauh sekali dari angka yang ada di depannya.
Sehingga orang pun menganggapnya hanya sebagai tukang kayu biasa yang karena keadaan hanya berpendidikan rendah.
Teori tentang kemiringan sudut, kedalaman pahatan, ekspresi seni tidak mereka miliki. Mereka hanya memenuhi kebutuhan hidup dengan gaya pekerjaan formal rutin keseharian.
Begitu juga dengan posisi pekerjaan yang lainnya mempunyai presisi yang amat mengagumkan..Masing-masing saya masih pelajari dan coba renungi betapa saling melengkapinya hidup ini satu sama lain..

No comments: