Al-Qur`an

Friday, April 03, 2009

melibatkan indra

Sesuatu hal akan semakin mudah diingat apabila banyak indra yang dilibatkan. Indra penglihatan, perasa, pembau, pendengar, dan pengecap.
Ketika suatu perintah diturunkan berkaitan dengan amalan yang harus dilakukan sebagai tanda hamba yang beriman dan bertakwa. Hal yang harus didengarkan pertama adalah tentunya mendengarkan (mengetahui terlebih dahulu apa yang harus dilakukan) yang kemudian hal itu menjadi ilmu..
Setelah ilmu didapat..maka kita perlu melibatkan indra lain selain pendengaran, yaitu untuk langsung berbuat (act) semua indra lain dikerahkan untuk melakukan tindakan terkait perintah yang didapat. Bukan hanya diendapkan saja di otak yang apabila dikumpulkan mungkin jadi berlembar-lembar bagian dari kitab.
Ketika kita telah melakukannya maka kita akan lebih mudah mengingat perintah apa yang harus dilakukan tsb, tanpa harus berpikir lama mengenai file-file data yang ada di neuron otak kita. Secara otomatis..lakukan saja dan bertindak setiap mendapatkan hal baru yang memang positif.
KENAPA TIDAK..

No comments: