Al-Qur`an

Wednesday, December 02, 2009

Komunikasi

Ketika berada dalam lingkungan sosial, kita selalu berada dalam komunikasi manusia-manusia di sekitarnya. Terdapat berbagai jenis gaya komunikasi manusia yang ditujukan untuk mudah mengenali dunia sekitar kita. Klasifikasinya sebagai berikut:
1. Agresif
2. Assertif
3. Submisif
Gaya pertama dilakukan oleh orang yang mungkin terlihat menyerang dalam berkomunikasi untuk mengungkapkan pendapat yang dimilikinya. Terdengar kasar mungkin muatan yang dikandungnya.Gaya bicaranya mungkin seperti meledak-ledak bagi orang yang melihatnya. Sehingga ketika berhadapan orang pun sudah kontra terhadapnya.
Gaya kedua dilakukan oleh orang yang sudah dapat mengontrol emosinya dengan baik. Mungkin ada kemarahan atau kekecewaan didalam pendapat yang diungkapkan tapi hal itu dicoba diatur senetral mungkin sehingga yang mendengarkan merasa yang diungkapkan hanya merupakan bentuk keterbukaan pribadi yang dimilikinya. Untuk membangun atau mengubah keadaan menjadi lebih baik.
Gaya ketiga dilakukan oleh orang yang menekan emosinya ke dasar sehingga tidak tampak ke permukaan oleh sekitar. Pendapat yang ingin diungkapkan dibiarkan mengendap di dalam diri. Keadaan yang ingin diperbaiki, hanya dapat diopinikan dalam hati pribadi.Orang sekitar tidak mengetahui permasalahan yang terjadi. Hal ini bisa membesar lama-kelamaan menjadi semacam fenomena gunung es. Masalah yang ada akhirnya menumpuk dan siap meledak kapan saja.
Jadilah pertengahan, bukankah jalan pertengahan lebih baik. Saling mengingatkan keadaan antar pribadi menjadi kondisi yang lebih baik lagi.

No comments: