Al-Qur`an

Sunday, December 06, 2009

Mencoba untuk hidup sehat

If we want a healthy life, we have the responsibility to care for ourselves.
Sedang mencoba untuk hidup sehat..Terinspirasi dari ayah yang membeli oatmeal untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah. Saya pun ikut membelinya untuk persediaan di kost. Awal makan panganan ini rasanya tidak ada enaknya. Yah tidak ada bumbu yang aneh-aneh rasanya, seperti bubur tapi tawar. Hmmm yah inilah makanan sehat tidak ada tambahan yang dibuat-dibuat untuk menjadikannya sebuah makanan enak.Sambil membayangkan manfaat yang dikandungnya saya pun menghabiskannya. Lama kelamaan saya menjadi terbiasa bahkan adik saya yang melihat ketika saya makan panganan ini menyangka ini merupakan makanan yang enak, karena saya lumayan rutin untuk memakannya ketika dirumah. Setelah dicoba oleh adik saya baru beberapa suapan, dia sudah menghentikannya. "Tidak enak, dikirain enak.." katanya. "Iya memang tidak enak tapi ini makanan sehat", saya mencoba memberikan alasan kepadanya agar meneruskan suapannya. Akhirnya ia meneruskan suapannya sampai hanya tersisa separuh dari piring tersebut. Yah lumayan untuk kali pertama mencoba oatmeal, saya pikir dalam hati.Akhirnya saya menghabiskan satu setengah piring, ditambah yang belum dihabiskan adik saya.Itu salah satu langkah awal saya menjadi sehat. Langkah lainnya saya mencoba sebisa mungkin tidak membeli gorengan. Lalu saya mencoba sebisa mungkin tidak makan mie, terakhir saya makan mie ketika sedang berada dalam acara kumpul dengan teman kost sambil makan mie bersama. Untuk menghormati teman-teman yang lain saya ikut makan mie instan. Lalu berikutnya mie dalam ukuran gelas karena diberikan sebagai hadiah dari minimarket.Lalu untuk mingguan sebisa mungkin saya bersepeda dengan adik-adik saya di sekitar perumahan. Kalau dulu karena saya belum ambil kost, masih dalam perjalanan pulang-pergi kantor dan rumah saya biasanya memakai masker untuk menghindari masuknya asap knalpot dan kendaraan yang berbahaya untuk paru-paru.
Ketika menunggu angkutan yang akan membawa saya pulang, daripada saya berdiam diri dengan berdiri yang kadang-kadang angkutan tersebut baru muncul 15 atau 20 menit kemudian,lebih baik saya berjalan kaki mencari halte terdekat sambil berwaspada menunggu angkutan yang mungkin lewat. Lalu terakhir untuk menjadikan lingkungan sehat, sebisa mungkin saya tidak mengambil kantong plastik yang disediakan minimarket atau warung untuk membawa makanan yang telah dibeli.Semoga usaha kecil ini bermanfaat untuk diri kita maupun lingkungan.

No comments: