Al-Qur`an

Wednesday, March 23, 2011

(coba) memahami desain

Dalam kehidupan ini sesuatu yang terlihat simpel sebenarnya terdapat kekompleksan yang mengatur..

Misal dalam hal informasi
Informasi berupa berita TV yang diterima dalam rumah-rumah, tertuang karena adanya program dari stasiun-stasiun TV, stasiun TV itu disponsori atau diproduseri oleh seseorang yang berpengaruh..Baik oleh pemerintah ataupun privat dengan misi tertentu didalamnya..
Contoh sederhana apabila dahulu misal TVRI dengan propaganda kepemerintahan..
Juga program-program lain dalam stasiun TV dengan tujuan yang lebih kompleks, misal untuk mengubah budaya hidup dalam masyarakat..

Penelitian
Apabila tidak dikritisi dengan baik, penelitian juga dapat digunakan untuk membentuk skema pada diri seseorang baik itu betul atau salah..Penelitian dilaksanakan bukan hanya karena murni untuk ilmu pengetahuan tetapi karena ada misi didalamnya..Ada seseorang/institusi dibalik itu semua..
Contoh sederhana penelitian yang digunakan untuk mendukung sebuah produk..Suatu kejadian dimana sebuah produk selai coklat dikombinasikan dengan kacang didukung penelitian bahwa produk tersebut sehat, akhirnya digugat ke pengadilan karena dianggap membohongi, karena dengan jelas tertera produk tersebut mengandung banyak gula..
Ada banyak penelitian lain yang lebih kompleks dan tujuannya bukan hanya untuk mendukung sebuah produk, tetapi bisa jadi mengubah skema pikir orang kebanyakan..

Negara
Dalam contoh suatu bidang perekonomian negara, yang kemudian terjabar lagi dalam perekonomian makro, terjabar lagi dalam perekonomian mikro, lalu perekonomian rumah tangga pribadi..
Harga yang dibeli dalam suatu rumah tangga tergantung dari kebijakan yang diambil pemerintah dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi dalam negara..
Menuju menko perekonomian, lalu ke presiden..
..Satu orang yang bisa mempunyai pengaruh terhadap satu negara..

Ada banyak orang-orang lain yang berpengaruh bukan hanya terhadap satu negara tetapi terhadap dunia..Dengan suatu misi tertentu didalamnya..Suatu peran yang tidak terlihat dengan tujuan yang pasti..

No comments: