Al-Qur`an

Wednesday, March 23, 2011

Kebaikan

Kebaikan terdapat dimana-mana. Karakter umum manusia adalah baik. Apabila ditanyakan kepada seseorang bagaimana penilaian mengenai karakter seseorang yang dikenalnya biasanya kata pertama yang diucapkan adalah baik. Adapun menurut penilaian saya terdapat dua kategori kebaikan yaitu kebaikan palsu dan kebaikan asli. Kita harus dapat membedakannya dan menerapkan kebaikan asli yang sebenarnya.
Kasus sederhana didalam sebuah kelas bahasa terdapat siswa yang tidak mengerjakan pekerjaan rumah dan tugas kelas yang diberikan. Yang dilakukannya hanya meniru pekerjaan temannya, dan temannya tersebut karena “kebaikannya” membiarkan hal tersebut bahkan membiarkan temannya tersebut meniru dengan senang hati. Sebagai balasannya ia pun disebut sebagai teman yang baik oleh orang yang meniru hasil pekerjaannya tersebut.
Untuk banyak hal lain, ada kebiasaan-kebiasaan tertentu yang dianggap baik padahal sebenarnya tidak baik. Jadi sebenarnya apa yang disebut dengan baik itu. Baik itu ada koridornya tersendiri yaitu baik yang dilakukan dalam rangka menuju kebajikan dan ketakwaan. Itulah kebaikan yang asli. Sedangkan kebaikan yang dilakukan dalam rangka kemungkaran dan kemaksiatan, itu adalah kebaikan palsu. Walau keduanya rasanya sama-sama “baik” dan namanya sama-sama “baik”, penampakannya pun “baik”.
Tapi hati-hati... akhirnya nanti yang tidak baik karena kita akan terjerumus kedalam perbuatan mungkar dan mendzalimi diri sendiri. Untuk contoh sederhana diatas tadi, maka pada saat ujian maka ia akan tidak dapat mengerjakannya dengan baik dan ketergantungan dengan teman yang pekerjaannya telah ditiru sebelumnya.
Kebaikan yang sebenarnya adalah ketika temannya tersebut mengajari mengenai materi yang belum dimengerti oleh temannya yang lain. Walau memerlukan usaha yang lebih dan kesabaran, hasilnya pun tidak instan tetapi “long lasting”. Sehingga ia tidak tergantung kepada orang lain ketika melaksanakan ujian ataupun mengerjakan tugas.
Selamat berbuat kebaikan. Hati-hati dengan kebaikan palsu.

No comments: