Al-Qur`an

Sunday, August 14, 2011

(dibalik) Televisi

Kehawatiran dan kekecewaan terhadap tayangan TV yang tidak mendidik, dan tidak mengandung muatan positif bagi penontonnya tentunya telah sering kita dengar..Lalu kita amati dengan seksama juga dari belasan stasiun yang mewarnai pertelevisian kita didukung oleh...Swasta...Swasta dengan penelaahan dibaliknya sebuah perusahaan yang mencari keuntungan layaknya tayangan adalah sebuah produk...
Bagaimana mendapatkan keuntungan tersebut dapat terlihat dari tayangan ``hiburan``yang ditawarkan kepada masyarakat..
Hiburan yang dinilai banyak kalangan tidak mengandung nilai-nilai positif yang patut ditiru dan tidak mendidik...Tetapi yang bertahan adalah televisi ``swasta`` ini dari pemasukan yang didapatkan dan ``keberhasilan`` hiburan yang ditampilkan..
Lalu disisi lain, kita menilik pada stasiun lain yang tidak termasuk pada swasta, yaitu pemerintah...Tayangan yang ditampilkan adalah tayangan mendidik dan penuh muatan baik sosial, budaya maupun pendidikan..Dana yang didapatkan untuk membiayai siaran berasal hanya dari pemerintah dan kadang malah mungkin tidak mencukupi untuk operasional yang cukup besar..Dibandingkan dengan dahulu dimana masyarakat ikut juga membantu demi kelangsungan televisi ini melalui iuran bulanan...Sekarang metode ini dihilangkan...
Generasi terancam dengan banyaknya tayangan yang menampilkan hiburan kosong, dan tayangan dengan hiburan bermuatan sangat sedikit sekali..Lalu ketika masyarakat diserbu dengan banyaknya tayangan dengan hiburan kosong, dan hanya satu, dua atau tiga tayangan dengan hiburan bermuatan, akhirnya pilihan pun lebih jatuh pada tayangan yang mendominasi layar pertelevisian..
Seandainya stasiun yang bukan swasta lebih banyak, baik itu pemerintah, yayasan atau organisasi tertentu, dan stasiun swasta hanya berjumlah satu, dua, atau 3.. masyarakat pun akan terdidik dan lebih memilih siaran dengan sisi dominasi tersebut...Lalu bagaimana kontribusi kita sebagai masyarakat yang prihatin dengan tayangan yang ada, sudahkah kita memberi kontribusi dan sumbangan terhadap stasiun yang memberi banyak hiburan bermuatan??

No comments: