Al-Qur`an

Sunday, November 06, 2011

Keseimbangan

Seseorang yang hanya mengandalkan kecerdasan intelektual tanpa ada keseimbangan spiritual..
akan berdampak ke sekitarnya..
tidak ada pemisahan antara keduanya..
Baik dalam bidang pembangunan, ketika sesuatu hanya memikirkan kepentingan pribadi atau keuntungan proyek belaka..Memang pada awalnya terlihat mencengangkan dan berhasil lalu pada keadaan selanjutnya ternyata telah menghancurkan lingkungan, baik secara langsung maupun tidak..
Dalam bidang pembudidayaan tanaman dan hewan, ketika yang dipikirkan hanya peningkatan produksi dan kualitas dengan mengorbankan rekayasa genetik, maka yang terjadi adalah tanaman rekayasa yang juga akan berdampak kepada yang memakannya, akan terjadi ketidakalamian dalam proses tubuh..
Ketika dalam bidang ekonomi yang dipikirkan hanya modal dan keuntungan yang didapatkan dengan sebesar-besarnya, bunga yang menjerat peminjamnya, maka yang akan didapatkan ekonomi rapuh yang terlihat menjanjikan tetapi sebenarnya mudah runtuh..
Ketika dalam kedokteran seakan-akan menguasai makhluk dan proses yang ada didalamnya, maka kaidah yang diterapkan tidak lagi memperhatikan nilai-nilai kemanusiaan, seakan-akan juga ingin mematenkan kehidupan, maka yang akan didapatkan kehidupan tanpa nilai kemanusiaan lagi didalamnya..Padahal dengannya hanya mengobati akibat yang telah diakibatkan dari sebuah sumber..
Ilmuwan, dengan teori yang berlawanan, tanpa ada nilai-nilai..
Tidak ada keseimbangan didalamnya..
Maka yang akan dihasilkan adalah ketidakseimbangan dengan dampak yang besar bagi kemanusiaan..

No comments: