Al-Qur`an

Sunday, January 29, 2012

Kekayaan

Kekayaan alam, setiap orang yang memasuki alam akan merasakan suatu ketenangan dan menyatunya dirinya dengan alam. Hal ini dapat membuat seseorang di tempat dengan kekayaan alam memiliki khasanah kekayaan batin yang lebih luas daripada tempat yang miskin akan kekayaan alam. Kekayaan luhur, yang tercermin dari perilaku yang luhur pula. Senyum, tolong menolong, dan kasih sayang. Sumber-sumber cerita luhur pun berasal dari negara-negara yang dapat dikatakan memiliki kekayaan alam, atau memiliki cuaca yang bersahabat dengan alam dan manusia.
Sedangkan sumber dari kekosongan batin dapat terlihat dari kosongnya, atau dapat dikatakan tidak adanya kehidupan dari lingkungan sekitar. Miskinnya alam dan lingkungan hidup sekitar. Membuat manusia tidak dapat memahami kehidupan dengan sepenuhnya. Karena yang ada di sekitar adalah kosong bukan sebuah kehidupan.
Di lain pihak ada suatu tempat dengan gersangnya dan teramat sedikitnya bentuk kehidupan sekitar. Tempat ini memiliki kekayaan batin dan panutan luhur yang amat sangat luar biasa, dibandingkan tempat yang lain. Tempat yang amat sangat menghormati, menghargai, dan menyayangi sesama. Tempat yang sangat luar biasa dan patut dijadikan panutan untuk sesuatu yang sering disebut sebagai keramahtamahan terhadap tamu. Nilai pengorbanan dan lebih mengutamakan orang lain. Lalu ada apakah gerangan di tempat ini...

No comments: