Al-Qur`an

Sunday, March 11, 2012

Penyakit Psikis

Apabila anda mendengar atau bertemu dengan seseorang yang berpenyakit psikis, yang dapat dikategorikan dalam tahap kronis. Misal sudah tidak menemukan kontak yang normal dengan dunia nyata, sehingga orang menyebutnya dalam bahasa kita `gila`. Apa yang anda pikirkan, akankah keadaan ini terus berlanjut hingga dewasa bahkan hingga menemui akhir hidup. Dengan perawatan yang intensif dari psikiater berupa pemberian obat, dapatkah mereka menemukan kehidupannya kembali seperti sedia kala.
Pesimiskah anda melihat mereka, dan yang ada di pikiran apakah keadaan ini akan berlanjut terus menerus. Dimana dibutuhkan perawatan dan perlakuan yang berbeda terhadap mereka, yang dilakukan dengan tidak manusiawi lagi, karena mereka tidak berlaku seperti manusia kebanyakan. Aktivitas yang dilakukan seringkali aneh, baik menyendiri, bersiul, bernyanyi, tertawa , mengajak berbicara dengan tema berbeda dan luas, dan tidak mengurus perawatan kebersihan pribadi. Atau dalam tingkatan yang lebih kronis, kadang mereka dapat juga menjadi agresif dan membahayakan keselamatan orang di sekitarnya, baik secara lisan maupun tindakan.
Di lain situasi anda dapat merasakan mereka seperti orang normal kebanyakan yang menceritakan masa lalunya, dimana anda diharapkan menjadi pendengar. Bahkan kadang anda dapat menemukan nasehat didalamnya, berupa kehidupan. Seperti sebuah pengalaman hidup, yang apabila ditilik dapat diketahui hal yang tidak tertanggungkan dari pembicaraan tersebut. Hal yang dibicarakan normal, begitu juga cara membicarakannya. Dimana ditelusuri dibalik masa lalu itu terdapat sebuah sumber yang akhirnya menyebabkan mereka menjadi sekarang ini. Mereka mempunyai keluarga, atau anak. Mereka pernah merasakan hidup layaknya orang normal. Kehidupan yang bahagia dan diharapkan kebanyakan orang termasuk juga anda. Lalu di pertengahan atau di suatu titik kehidupan terjadi suatu peristiwa yang tidak tertanggungkan lagi.
Maka menurut anda dapatkah mereka kembali seperti dulu lagi, dan melanjutkan kehidupannya seperti sedia kala dengan keluarga. Lalu hal apa yang diperlukan selain pengobatan dari psikiater yang dapat membuat mereka menjadi manusia normal kembali. Kembali kepada kehidupan nyata yang sempat ditinggalkan selama beberapa lama. Kira-kira berapa jangka waktu yang dapat ditolerensi dalam rangka mengembalikan mereka. Atau …masihkah anda menyimpan pendapat lain…

No comments: