Al-Qur`an

Monday, May 19, 2014


Relativitas Sosial

Dalam hidup terdapat beberapa lapisan masyarakat, yang satu sama lain berbeda, mungkin saling menunjang untuk sebuah fungsi, yang tidak kasat mata. Perbandingan yang dilakukan adalah terhadap situasi sosial yang dihadapi, lapisan  yang lemah dan papa, memperbandingkan diri dengan lapisan yang dianggap berlebih dan kaya. Segala sesuatu itu terjadi di suatu tempat di suatu waktu. Dengan batas sejauh mata memandang.
Di sisi yang lain di ruang dan tempat yang berbeda, terdapat lapisan yang lemah dan papa yang memperbandingkan diri dengan kelebihan kekayaan yang ada pada lapisan yang lain. Yang apabila lapisan ini pindah ke tempat berbeda diruang denga batasan tempat tinggal yang berbeda, tentulah ia tidak digolongkan sebagai kaum yang lemah dan papa.
Perbedaan antara keduanya terletak pada batas yang disebut kaum yang lemah dan papa, pada suatu tempat dengan kategori negara yang dianggap maju, maka masih ada kaum marjinal yang terpinggirkan dengan kategori yang berbeda dari negara berkembang. Kata kemarjinalan seolah tidak pernah lepas dimanapun, sekalipun di negara maju yang seolah tidak mempunyai masalah.
Pada keduanya baik negara berkembang maupun negara maju memiliki masalah sosial yang sama, misalkan pengangguran dan lapisan yang termarjinalkan, tetapi dengan kadar yang berbeda. Anggapan bahwa negara yang maju akan terlepaskan dari masalah kaum yang marjinal dan terpinnggirkan, seperti yang dialami negara berkembang, ternyata tidak sesuai dengan anggapan.
Di negara maju bahkan memiliki sistem sosial yang patut dicontoh oleh negara berkembang dalam mengatasi masalah sosial yang dihadapinya, lebih terorganisir dan menyebar. Lalu kapankah akan tercapai kata negara yang maju dan berkembang, sepertinya hal ini hanyalah relativ dari manusia yang menghadapinya, terhadap kebersyukuran keadaan yang ada saat ini. 

No comments: